Inilah 4 Terobosan Teknologi

Sejak tahun 2001, tiap tahunnya MIT Technology Review memilih apa yang mereka sebut sebagai 10 Terobosan Teknologi. Orang-orang sering bertanya, apa tepatnya yang dimaksud dengan “terobosan”? Pertanyaan ini tidak benar-benar secara eksplisit dijawab. Beberapa pilihan MIT belum menjangkau penggunaan secara luas, sementara yang lain mungkin berada di titik puncak, sampai menjadi tersedia secara komersial.

Apa yang sebenarnya MIT cari adalah teknologi aplikatif, atau mungkin bahkan kumpulan teknologi, yang akan memiliki dampak besar pada kehidupan kita. Mereka memiliki kriteria tertentu untuk memilih terobosan teknologi yang terbaik. Untuk tahun 2018, berikut inilah sepuluh terobosan teknologi hasil pilihan MIT Technology

1. Mesin 3-D Metal Printing

Terobosan: Sekarang Printer dapat membuat objek metal dengan lebih cepat dan murah.

Mengapa penting: Kemampuan untuk membuat benda-benda logam besar dan kompleks sesuai permintaan, yang dapat mengubah operasional bisnis manufaktur.

Pemain Kunci: Markforger, Desktop Metal dan GE

Ketersediaan: Sudah ada saat ini.

 

 

2. Artificial embryos alias embrio buatan

Terobosan: Tanpa menggunakan telur atau sel sperma, para peneliti telah membuat struktur mirip embrio dari sel induk (stem cells), menyediakan rute baru untuk menciptakan kehidupan.

Mengapa penting: Embrio buatan akan mempermudah para peneliti untuk mempelajari awal misterius kehidupan manusia, tetapi mereka berpotensi memicu debat dalam bioetika baru.

Pemain Kunci: Universitas Cambridge, Universitas Michigan dan Universitas Rockefeller

Ketersediaan: Sudah ada saat ini.

3. Sensing City atau kota yang bisa merasakan

Terobosan: Lingkungan Toronto bertujuan menjadi tempat pertama yang berhasil mengintegrasikan desain perkotaan mutakhir dengan teknologi digital mutakhir.

Mengapa Penting: Kota pintar dapat membuat daerah perkotaan lebih terjangkau, layak huni dan ramah lingkungan.

Pemain Kunci: Sidewalk Labs dan Waterfront Toronto

Ketersediaan: Proyek diumumkan pada bulan Oktober 2017, sedangkan konstruksi baru bisa dimulai pada 2019.

4. Artificial Intelligence (AI) untuk Semuanya

Terobosan: Cloud-based AI membuat teknologi lebih murah dan lebih mudah digunakan.

Mengapa Ini Penting: Sekarang penggunaan AI didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan, tetapi sebagai layanan berbasis cloud, layanan ini dapat tersedia secara luas untuk banyak hal, memberikan dorongan ekonomi.

Pemain Kunci: Amazon; Google dan Microsoft.

Ketersediaan: Sudah ada saat ini.

 

Post Comment