Alat Teknologi Komunikasi Modern yang Sering Digunakan Sehari-hari

alat komunikasi modern menghasilkan informasi atau pesan yang canggih,

 

Televisi

Televisi mengalami inovasi selama beberapa puluh tahun. Awalnya televisi terdiri dari gambar diam yang ditampilkan berkecepatan tinggi. Dulu, alat ini hanya bisa menampilkan gambar berwarna putih dan hitam.  Televisi dikembangkan pada akhir abad ke-19. Saat itu konsep pengiriman gambar bergerak menggunakan daya elektrik, kemudian televisi mengalami perkembangan hingga sekarang. Saat ini televisi sudah bisa ditonton secara streaming melalui internet. Selain itu, ukuran dan tampilan televisi semakin besar dan berwarna.

 

TABLET

Tablet merupakan contoh dari komputerisasi yang menggunakan pena. Oleh karena itu, pengembangan tablet memiliki sejarah yang dalam. Hak paten pertama untuk sistem yang menggunakan tulisan tangan dengan menganalisis Gerakan tulisan tangan diberikan sejak tahun 1915 dan dipublikasikan secara umum pada tahun 1956. Tablet dapat didefinisikan sebagai jenis komputer notebook yang memiliki layar LCD yang dimana pengguna bisa menulis dengan menggunakan pena khusus.

 

SMARTPHONE

Awalnya smartphone yang sebelumnya dikenal dengan nama handphone atau telepon genggam hanya bisa menerima pesan singkat atau telepon saja. Oleh karena itu, handphone hanya membutuhkan sinyal jaringan seluler.  Setelah melalui serangkaian inovasi dengan kecanggihan teknologi, telepon seluler tidak hanya bisa menerima pesan atau panggilan telepon. Smartphone yang terhubung dengan jaringan internet memiliki akses yang tidak terbatas di dunia maya seperti sosial media, mesin pencarian online hingga e-commerce.

 

INTERCOM

Alat komunikasi yang satu ini bekerja dengan mengaplikasikan teknologi tanpa kabel yang menghubungkan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Namun intercom ini memiliki kekurangan yaitu segi radius yang sangat pendek. Terkadang jika radius sudah melampaui batas maka akan terjadi gangguan atau noise.  Cara kerja intercom cukup rumit, pertama kamu harus padukan kode sinyal agar dapat terhubung dengan cara memutarnya, jika saluran sudah sama maka kamu bisa berkomunikasi dengan menekan tombol break.

 

HANDY TALKY

Alat komunikasi ini sering digunakan di perangkat keamanan seperti petugas keamanan di bank, pasukan pengaman presiden, hingga anggota kepolisian. Alat komunikasi ini berbentuk seperti telepon genggam keluaran lama yang memiliki antena Panjang dengan layar kecil tanpa warna dan susunan tombol.  Alat ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Jarak tempuh komunikasi handy talky adalah sepanjang 12 mil. Komunikasi yang dihasilkan oleh handy talky sayangnya hanya bersifat sementara karena salurannya bisa berganti setiap waktu.

Itulah beberapa hal tentang alat komunikasi modern yang hingga kini masih banyak digunakan Untuk-sehari-hari…

Post Comment